PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT
Abstract
Penelitian ini merupakan R & D (Research and Development) yang bertujuan untuk mengetahui validitas dan respon peserta didik terhadap LKPD kimia berbasis problem solving pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Prosedur pengembangan dari penelitian ini mengadopsi model Borg & Gall sampai tahap ketujuh. Penelitian ini melibatkan empat validator yaitu dua ahli materi, ahli desain/media, ahli bahasa. Subjek uji coba skala kecil dan uji coba skala menengah adalah peserta didik pada salah satu Madrasah Aliyah di kota Palembang. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, lembar validasi, angket respon peserta didik dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis problem solving pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit memperoleh persentase dari ahli materi sebesar 93% dengan kategori sangat layak, ahli desain/media memperoleh persentase sebesar 82% dengan kategori sangat layak dan ahli bahasa memperoleh persentase sebesar 90% dengan kategori sangat layak. Rata-rata persentase nilai dari validator yaitu 88% dengan kategori sangat layak. Respon Peserta didik terhadap LKPD berbasis problem solving pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dapat dikategorikan sangat baik, pada uji coba skala kecil memperoleh persentase sebesar 93% dengan kategori sangat baik, pada uji coba skala menengah memperoleh persentase sebesar 94% dengan kategori sangat baik.