PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI KOLOID

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan respon peserta didik terhadap LKPD berbasis pendekatan kontekstual pada materi koloid. Penelitian ini merupakan research and development (R&D). Model penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE, namun hanya sampai pada tahap development. Subjek penelitian ini antara lain, validator ahli media, validator ahli materi serta peserta didik di salah satu Madrasah Aliyah Negeri di Kota Palembang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, lembar validasi yang diisi oleh validator dan angket respon peserta didik. Hasil penilaian dari validator ahli media memperoleh indeks kelayakan sebesar 0,94 dengan kriteria sangat valid dan penilaian dari ahli materi memperoleh indeks kelayakan sebesar 0,77 dengan kriteria valid. Respon peserta didik terhadap LKPD berbasis pendekatan kontekstual pada materi koloid yang telah dikembangkan pada skala kecil memperoleh nilai persentase 90% dengan interpretasi sangat setuju. Pada skala menengah mendapatkan nilai persentase sebesar 83,36% dengan interpretasi sangat setuju.