PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK MATERI UNSUR SENYAWA DAN CAMPURAN UNTUK SISWA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kelayakan, dan respon siswa terhadap media komik materi unsur, senyawa dan campuran untuk siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Model pengembangan ini terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Penelitian ini tidak dilaksanakan sampai tahap disseminate. Subjek uji coba yaitu siswa kelas VII di salah satu SMP Swasta di Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Media komik materi unsur senyawa dan campuran untuk siswa SMP dikembangkan sesuai dengan karakteristik produk yang terdiri dari sampul, salam perkenalan, kata pengantar, materi pelajaran, isi cerita komik, serta dilengkapi dengan Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), indikator dan tujuan pembelajaran. Kelayakan media komik di validasi oleh 4 orang ahli, yaitu 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media komik materi unsur senyawa dan campuran untuk siswa SMP berdasarkan nilai Aiken’s dari keseluruhan aspek yang dinilai oleh ahli materi sebesar 0,885 yang termasuk kategori validitas sangat tinggi dan ahli media dari keseluruhan aspek yang dinilai sebesar 0,7421 yang termasuk kategori validitas tinggi. Respon siswa terhadap media komik unsur senyawa dan campuran untuk siswa SMP berdasarkan hasil angket respon siswa sebesar 86,8% yang termasuk kategori sangat menarik sebagai media pembelajaran.