Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Sistem Koloid

Abstract

Penelitian ini merupakan R & D (Research and Development) yang bertujuan untuk mengetahui validitas dan respon peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik pada materi sistem koloid. Prosedur pengembangan dan penelitian ini menggunakan model Rowntree yang terdiri dari tiga tahap, yaitu perencanaan, pengembangan, dan evaluasi. Tahap evaluasi menggunakan metode evaluasi formatif Tessmer berupa self evaluation, expert review, one to one evaluation, dan small group evaluation. Penelitian ini melibatkan empat validator yaitu validator ahli desain, ahli content, ahli pedagogik 1 dan ahli pedagogik 2. Subjek uji coba one to one evaluation dan uji coba small group evaluation adalah peserta didik Madrasah Aliyah Z di Palembang. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik pada materi sistem koloid memperoleh nilai dari ahli desain sebesar 4,33 (kategori sangat valid), ahli content memperoleh nilai sebesar 4,00 (kategori valid), ahli pedagodik 1 memperoleh nilai sebesar 4,75 (kategori sangat valid), dan ahli pedagogik 2 memperoleh nilai sebesar 4,00 (kategori valid). Rata-rata nilai dari keempat validator yaitu 4,27 (kategori sangat valid). Respon peserta didik terhadap lembar kerja peseta didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik pada materi sistem koloid dikategorikan sangat baik, dimana pada tahap one to one evaluation memperoleh nilai sebesar 4,62 (kategori sangat baik), dan pada tahap small group evaluation memperoleh nilai sebesar 4,47 (kategori sangat baik).