Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Guru Biologi dalam Proses Pembelajaran Menggunakan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Maumere

Abstract

Lembaga pendidikan idealnya memiliki sumber daya manusia yang mumpuni sehingga berdampak positif pada pengembangan institusi secara optimal. Kemampuan yang dimiliki guru akan berpengaruh terhadap proses pembelajaran sehingga tercipta keberhasilan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru biologi dalam proses pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Maumere. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket dan studi dokumentasi. Keabsahan data ditentukan dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru biologi di SMA Negeri 2 Maumere memiliki kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional yang mumpuni dengan nilai rata-rata tertinggi 4,00.