PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU MADRASAH DI MTs MA’ARIF SEMPOR

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang penerapan manajemen berbasis madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah di MTs Ma’arif Sempor Kabupaten Kebumen. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan subjek penelitian di MTs Ma’arif Sempor Kebumen. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, wawancara. Adapun teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) otonomi madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah menggunakan delapan standar nasional; 2) partisipasi madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah yaitu menggunakan upaya komite, masyarakat dan warga madrasah; 3) kepemimpinan kepala madrasah dibagi menjadi lima diantaranya: kepala madrasah sebagai motivator, kepala madrasah sebagai inovator, kepala madrasah sebagai edukator, kepala madrasah sebagai supervisor, kepala madrasah sebagai leader; 4) kerja tim yang dilakukan madrasah yaitu menjalin kerja sama dengan beberapa stakeholder