Pendampingan Penyusunan Individualized Educational Program (IEP) Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Guru TK

Abstract

Individualized Educational Program (IEP) merupakan salah satu dokumen terpenting dalam pendidikan anak-anak dengan kebutuhan khusus untuk membantu membuat kemajuan dan mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan setiap anak. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pendampingan kepada guru yang mengajar di kelas inklusi dalam menyusun perencanaan pembelajaran individual (IEP) yang saat ini belum dirancang oleh guru, khususnya guru di lembaga TK untuk memfasilitasi kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan pemberian materi secara daring oleh tim pengabdian dengan menggunakan zoom meeting, dilanjutkan dengan penyusunan IEP dan FGD hasilĀ  penyusunan RPPH Individual dengan menggunakan media whatsapp group sebagai sarana diskusi. Adapun peserta yang menjadi sasaran dalam pengabdian ini adalah 20 orang guru TK yang mengajar di kelas inklusi di wilayah Kota Semarang. Hasil dari pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian yang dilaksanakan berjalan dengan lancar dan berhasil dalam memberikan pengetahuan bagi guru TK dalam merancang pembelajaran individual di kelas inklusi.