Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA1 MAN 1 Hulu Sungai Tengah Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw

Abstract

Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA1 MAN 1 Hulu Sungai Tengah Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia masih rendah, hal ini disebabkan karena aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran masih kurang maksimal. Penerapan model pembelajaran Kooperatif Jigsaw memberikan sumbangan yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ditemukan bahwa hasil belajar siswa, aktivitas guru dan aktivitas siswa terhadap model pembelajaran Kooperatif Jigsaw sebesar 68,75 atau 68,75% pada siklus 1 dan 82,50 atau 82,50% pada siklus 2. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan 50,25 % pada siklus 1 dan 13,75 % pada siklus 2. Aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran Kooperatif Jigsaw pada siklus 1 pertemuan pertama  62,50% dan  69,17% pada pertemuan kedua. Sedangkan pada siklus 2 pertemuan pertama sebesar 77,50% meningkat menjadi 90,83% pada siklus 2 pertemuan kedua. Hal ini menunjukkan adany.a peningkatan sebesar 6,67% pada siklus 1 dan 13,33% pada siklus 2. Aktivitas siswa dalam KBM pada penerapan model pembelajaran Kooperatif Jigsaw pada siklus 1 pertemuan pertama 16,25 (cukup aktif) dan 17,55 (cukup aktif) pada pertemuan kedua. Sedangkan pada siklus 2 pertemuan pertama sebesar 20,62 (aktif) dan 25,22 (sangat aktif) pada pertemuan kedua. Dari hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan aktivitas siswa kelas XI IPA1 dalam menerapkan model pembelajaran Kooperatif Jigsaw pada materi sistem reproduksi manusia.