Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan Pengaruhnya pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN gugus I Baruah Gunuang pada semester ganjil tahuan ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, dan metode penelitian true experimental. Pengambilan data sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian berjumlah 24 orang dengan populasi sebanyak 47 orang. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa tes objektif dengan bentuk pilihan ganda. Hasil penelitian diperoleh bahwa thitung > ttabelĀ  yakni 2,1 > 1,71 dengan ? =0,05 yang berarti H0 ditolak. Rata-rata hasil belajar peserta didik yang diukur dengan posttest setelah dilakukan pembelajaran, yakni pada kelas eksperimen 85 dan kelas kontrol 80. Sehingga Ha diterima yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN gugus I Baruah Gunuang.