KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DENGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berbahasa dengan media cerita bergambar pada anak BA ‘Aisyiyah Gani Socokangsi Jatinom Klaten. Penilitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A BA ‘Aisyiyah Gani Socokangsi Jatinom, Klaten yang terdiri 12 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penggunaan media cerita bergambar yang dilaksanakan dengan beberapa langkah, yaitu: a) mempersiapkan bahan atau materi pembelajaran yang akan disampaikan, b) mengkondisikan anak didik supaya tenang dan memperhatikan, c) memperlihatkan cover buku sambil memberikan rangsangan awal kepada anak kemudian guru mulai membacakan cerita yang berjudul “Kisah Uli dan Kelelawar”, d) guru mulai mengajukan pertanyaan kepada anak tentang isi cerita tersebut dan menyimpulkan isi cerita bersama anak-anak, e) ciptakan suasana yang kondusif, asik dan menyenangkan, f) memberi motivasi kepada anak didik agar melaksanakan kegiatan dengan memberikan hadiah atau reward, 2) peningkatan kemampuan berbahasa pada anak usia dini di BA ‘Aisyiyah Gani Socokangsi Jatinom Klaten setelah penggunaan media cerita bergambar yang semula hanya 25% meningkat pada siklus I menjadi 55% dan pada Siklus II mencapai 90%. Jadi peningkatannya sebesar 65%. Kata Kunci: kemampuan bahasa, media cerita bergambar