TEORI TRANSFORMASI SUBSTANSIAL (HARAKAH AL JAUHARIYAH) DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER

Abstract

Abstrak Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan Teori Transformasi Substansial (Harakah Al Jauhariyah) Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter, pembahasan ini didasarkan pada pendapat Sadra yang menjelaskan bahwa pengetahuan (al ilm) dan realitas (al wujud) adalah satu kesatuan yang hadir dalam lokus jiwa. Sadra juga memandang bahwa setiap gerak dari jiwa adalah refleksi dari kehidupan itu sendiri (al-hayah hiya al-nafs) sehingga dapat dimengerti kenapa setiap gerak dari jiwa memunculkan dampaknya bagi setiap individu berupa munculnya pengetahuan dan bangkitnya karakter. Masalah yang diangkat adalah bagaimana transformasi jiwa manusia serta hubungannya dengan Pendidikan Karakter menurut Mulla Sadra. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan mengacu pada literatur-literatur yang berkaitan dengan pembahasan ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dilihat dari sudut pandang teori transformasi subtansial (al harakah jawharial), Pendidikan karakter adalah upaya untuk berinteraksi dengan jiwa manusia dan melejitkan potensinya. Sebagai moment interaksi antara jiwa, maka upaya pendidikan karakter harus dilihat sebagai interaksi dua pihak (pendidik dan peserta didik) yang terlibat dalam proses transformasi secara berkesinambungan Kata Kunci: Filsafat, Transformasi, Substansi Jiwa, Pendidikan, Karakter