METODE SMALL GROUP DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MEMBACA TEKS HORTATORY EXPOSITION

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran Small Group Discussion (SGD) untuk meningkatkan kompetensi membaca. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi; tes untuk mengukur kemampuan siswa dalam membaca sedangkan lembar observasi bertujuan mengamati aktifitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan SGD dapat meningkatkan kompetensi membaca. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada siklus I ada 55.6% siswa yang tuntas dan pada siklus II meningkat menjadi 77.8%. Kompetensi membaca siswa mengalami peningkatan ketika siswa saling bertukar pendapat dan informasi terhadap bacaan pada materi teks Hortatory Exposition.  Penelitian ini juga menemukan ada keuntungan dan kelebihan dalam penerapan SGD.