PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PAI BERBASIS TIK YANG EFEKTIF PADA SMA NEGERI 4 KOTA KENDARI PROVINSI SULAWESI TENGGARA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)berbasis TIK yang valid dan efektif pada SMA Negeri 4 Kota Kendari. Penelitian ini termasuk jenispenelitian pengembangan atau research and development in education). Hasil yang diperoleh pada ujicoba I adalah Model PAI TIK belum efektif, karena ketuntasan klasikal belum tercapai dan aktivitassiswa belum sesuai yang diharapkan, walaupun kemampuan guru PAI mengelola pembelajaran sudahdalam kategori tinggi dan respon siswa sudah dalam kategori positif. Hasil analisis ini digunakan untukmerevisi model dan perangkat pembelajaran sebelum dilakukan uji coba II. Hasil yang diperoleh padauji coba II adalah Model PAI TIK sudah efektif, karena ketuntasan klasikal telah tercapai, aktivitassiswa sudah sesuai yang diharapkan, kemampuan guru mengelola pembelajaran sudah dalam kategoritinggi, dan respon siswa terhadap pembelajaran sudah dalam kategori positif. Hal yang menarik dalampenelitian ini adalah adanya kesungguhan dan keantusiasan siswa dalam belajar PAI dengan programmoodle yang tertera dalam website SMA Negeri 4 Kota Kendari, dan seluruh siswa pada uji I dan IImenyatakan senang mempelajari PAI berbasis TIK. Selain itu dengan model pembelajaran PAI berbasisTIK mereka menyatakan sangat setuju menerapkan model pembelajaran PAI berbasis TIK di sekolah.Selama uji coba berlangsung siswa dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman serta keterampilanmembaca Al quran, memahami hukum-hukum tajwid, menerjemahkan perkata, perpotongan ayat,dan perayat serta mampu menampilkan perilaku sesuai dengan bunyi ayat berlomba-lomba mencarikebajikan dan menyantuni kaum dhuafa.