MENDIDIK ANAK DALAM MENCINTAI AL-QURAN: Studi Kasus di TPA Darussalam Al-Hamidiyah Bogor

Abstract

Penelitian ini bertujuan mencari tentang bagaimana mendidik anak mencintai al-quran yang dilakukan di Taman Pendidikan al-Quran Darussalam Al-Hamidiyah Bogor, Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan oleh seseorang yang sudah tahu kepada orang yang belum tahu sebagai sarana untuk menjadikan pribadi yang insan kamil. Al-Quran sebagai pedoman hidup manusia, sebagai undang-undang makhluk hidup di dalamnya banyak hal-hal yang harus dilakukan oleh manusia sebagai panduan hidup dunia dan akhirat. Dalam hal ini Taman Pendidikan al-Quran sebagai tempat pendidikan al-Quran bagi santri-santri yang berada di Tapos Tenjolaya Bogor mempunyai keunikkan yang khas, dengan memberikan kepada mereka pendidikan mencintai al-Quran, sebagai solusi bagi masyarakat sekitar. Metode penulisan yang digunakan dalam penelitian tersebut dengan metode Deskriptif Kualitatif. Dalam tulisan ini penulis membahas tentang mendidik anak dengan mencintai al-Quran adapun hasil penelitiannya adalah: 1. Mengenalkan al Quran Sejak Dini 2. Langkah agar anak selalu hidup bersama al-Quran, 3. Membuat dan memperbanyak  kegiatan di Taman Pendidikan Al-Quran Darussalam al-Hamidiyah 4. Membuat iklim dan suasana yang baik di lingkungan TPA Darussalam Al-Hamidiyah 5. Adanya faktor pendorong dan penghambat kegiatan mendidik anak mencintai al-quran