Metode Pembelajaran Mind Map dan Bercerita dengan Gaya Kognitif, Pengaruhnya terhadap Kemampuan Membaca Permulaan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara metode pembelajaran mind map dan gaya kognitif independen dependen terhadap kemampuan membaca permulaan. Penelitian ini merupakan penelitiann kuantitatif, metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain faktorial 2x2. Penelitian ini menggunakan randomisasi untuk menentukan subjek penelitian untuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian adalah anak TK kelompok B. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi yang dilakukan dengan menggunakan lembar instrumen, kemudian data yang diperoleh di analisis. Dalam pengujian hipotesis menggunakan analisis varian anava dua jalur. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa metode pembelajaran dan gaya kognitif dapat mempengaruhi kemampuan membaca permulaan. Terdapat interaksi yang signifikan antara penerapan metode pembelajaran dan gaya kognitif dalam menentukan kemampuan membaca permulaan.