PENGARUH PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF CALON GURU MATEMATIKA DALAM MENGEMBANGKAN BAHAN AJAR MATEMATIKA

Abstract

<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk menelaah </em><em>pengaruh penerapan project based learning</em><em> </em><em>terhadap </em><em>kemampuan </em><em>berpikir kreatif </em><em>calon guru matematika dalam mengembangkan bahan ajar matematika</em><em>. Desain penelitian ini adalah one-shot case study. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Jurusan Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada semester genap tahun akademik 2017/201</em><em>8</em><em> dengan populasi terjangkau adalah mahasiswa jurusan Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang mengambil mata kuliah </em><em>pengembangan bahan ajar</em><em> matematika pada semester genap tahun akademik 201</em><em>7</em><em>/201</em><em>8</em><em> yakni sebanyak empat kelas yang berjumlah </em><em>138</em><em> orang mahasiswa. Dari populasi terjangkau dipilih satu kelas sampel dengan teknik </em><em>cluster random s</em><em>ampling, yaitu mahasiswa kelas </em><em>C</em><em> yang mengikuti mata kuliah </em><em>pengembangan bahan ajar</em><em> matematika sebanyak 35 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif dan angket respon mahasiswa terhadap penerapan project based learning.  </em><em>Hasil penelitian menunjukkan bahwa </em><em>penerapan project based learning</em><em> </em><em>berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif</em><em> guru matematika dalam mengembangkan bahan ajar matematika</em><em>. </em></p><p class="Sammary"><em> </em></p>Keywords: berpikir kreatif, project based learning, bahan ajar, matematika