PENGEMBANGAN INSTRUMEN ANALISIS KESALAHAN UNTUK MENGUKUR CRITICAL THINKING SKILL BERDASARKAN KOMPETENSI INTI KURIKULUM 2013

Abstract

<em>Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&amp;D) yang dibuat berdasarkan Kompetensi Inti Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen analisis kesalahan untuk mengukur critical thinking skills matematika siswa SMA yang valid dan reliabel, dan untuk mengetahui kemampuan critical thinking matematika siswa SMA setelah diberikan instrumen. Penelitian ini meliputi beberapa langkah, yaitu: (1) menyusun spesifikasi tes, (2) menulis soal tes, (3) menelaah soal tes, (4) melakukan uji coba tes, (5) menganalisis butir soal, (6) memperbaiki tes, dan (7) merakit tes. Uji coba instrumen dilakukan di kelas X SMAN Jatiwangi, dengan jumlah keseluruhan subjek uji coba sebanyak 30 siswa. Teknik dalam mengumpulkan data pada penelitian pengembangan ini adalah tes tertulis, sedangkan instrumen pengumpulan datanya berupa soal uraian, pilihan ganda dan jawaban singkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen yang dibuat sebanyak 41 butir soal ini valid dan reliabel. Hal ini berdasarkan perhitungan yang menggunakan rumus Aiken, bahwa nilai V-Aiken pada semua butir soal </em><em> 0,3, dan dengan nilai Cronbach's Alpha sebesar 0,738. Hasil dari uji coba instrumen ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan critical thinking matematika siswa kelas X baik. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata hasil uji coba </em>≥<em> 65, yaitu sebesar 70,98 dalam skala 100.</em>