Pengembangan Bahan Ajar Bercirikan Etnomatematika Suku Komering Materi Bangun Datar Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan bahan ajar bercirikan etnomatematika suku Komering materi bangun datar siswa SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model penelitian 4D yaitu tahap pendefinisian (Define), tahan perancangan (Design), tahan pengembangan (Develop), tahan penyebaran (Disseminate). Pengambilan sampel dilakukan di SDN 1 Terpadu Karang Kemiri dan SDN 2 Karang Kemiri. Hasil penilaian adalah: penilaian ahli materi yang terdiri dari dosen dan pratisi pendidikan memberikan skor 80,78% dikategorikan sangat layak, ahli media memberi skor penilaian 65,47% dikategorikan layak, dan ahli budaya memberikan skor penilaian 80,00% dikategorikan sangat layak. Pada uji coba tahap small group, diperoleh rata-rata 3,18 dengan kategori layak. Kemudian uji coba tahap field test diperoleh rata-rata 3,34 dengan kategori sangat layak. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan bercirikan etnomatematika suku Komering materi bangun datar siswa SD dikategorikan sangat layak dan sangat menarik digunakan dalam pembelajaran ditingkat SD sederajat pada materi bangun datar.