KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMRI) PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH POKOK BAHASAN SEGIEMPAT DI MTS NEGERI 1 PALEMBANG

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) proses pembelajaran dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada kemampuan pemecahan masalah pokok materi  segiempat di  MTs  Negeri  1 Palembang (2) keefektifan pembelajaran dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada kemampuan  pemecahan masalah  pokok materi segiempat di MTs  Negeri 1 Palembang. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 1 Palembang tahun pelajaran 2011/ 2012. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cara random cluster diambil sampel sebanyak 2 kelas yaitu siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen yang dikenai PMRI dan siswa kelas VII D sebagai kelas kontrol yang dikenai pembelajaran konvensional. Pada akhir pembelajaran kedua kelas sampel diberi tes akhir dengan menggunakan instrument yang sama. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket, tes dan observasi. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas data hasil tes dari kedua kelompok tersebut diperoleh bahwa data kedua sampel normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis digunakan uji t. Dari hasil perhitungan diperoleh t tes = 4,561 sedangkan nilai  t tabel = 1,990. Oleh karena itu t tes > t tabel maka Ho ditolak dan hipotesis diterima. Jadi ratarata hasil evaluasi pembelajaran pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh bahwa aktivitas dan kemampuan siswa selama pembelajaran dengan menggunakan PMRI terus mengalami peningkatan dan perubahan sikap siswa terhadap pembelajaran juga terus membaik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PMRI sangat efektif daripada pembelajaran konvensional pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII MTs