PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MELIHAT KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA SEMESTER AWAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UIN RADEN FATAH

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis perlu dikuasai oleh peserta didik, dan pendidik perlu menghadirkan suatu pembelajaran yang dapat melatih dan mengembangkan kemampuan komunikasi matematis tersebut. Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching And Learning) diperkirakan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang kemampuan komunikasi matematis mahasiswa semester awal Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang dengan penerapan pendekatan kontekstual.Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan asumsi bahwa mahasiswa semester awal yang telah diterima melalui tes seleksi di UIN Raden Fatah Palembang memiliki kemampuan yang heterogen karena berasal dari berbagai daerah dan sekolah. Dalam penelitian ini peneliti berperan sebagai guru (dosen) yang memimpin pembelajaran di kelas dengan pertimbangan untuk lebih terjaminnya pelaksanaan pendekatan pembelajaran.Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data tentang kemampuan komunikasi matematis mahasiswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi.Dari hasil analisis data diketahui bahwa bahwa kemampuan komunikasi matematis mahasiswa memiliki nilai rata-rata sebesar 76,46. Hal ini menunujukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan komunikasi mahasiswa semester awal Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang berkategori baik