PENGEMBANGAN CERITA PENDEK (CERPEN) MATEMATIKA UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN BERPENYEBUT SAMA

Abstract

Keterampilan membaca teks berkorelasi positif dengan kemampuan matematika siswa, sehingga teks matematika dapat dijadikan sebagai media penyampaian konsep matematika atau sebagai media konstruksi konsep matematika siswa. Oleh karena itu, penelitian dalam rangka mengembangan teks yang relevan untuk pembelajaran matematika dapat menjadi salah satu alternatif inovasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan cerita pendek (cerpen) matematika untuk pembelajaran matematikamateri penjumlahan pecahan berpenyebut sama. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan Four-D Model, yakni Define, Design, Develop, danDisseminate. Akan tetapi, dalam penelitian ini tahap pengembangan dilaksanakan hanya pada D yang ke tiga, yakni Develop.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 Sekolah Dasar. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data bahan revisi cerpen dan pemahaman siswa. Data bahan revisi berupa saran dan kritik dikumpulkan pada kegiatan uji pakar dan uji coba produk. Data pemahaman siswa dikumpulkan melalui tes. Penelitian ini menghasilkan cerpen matematika untuk materi penjumlahan pecahan berpenyebut sama dengan judul “Sawi dan Strawberryku”. Berdasarkan kegiatan uji pakar, cerpen yang dihasilkan valid. Cerpen memenuhi kriteria baik dari sudut pandang pakar bidang Pendidikan Matematika maupun dari sudut pandang pakar Bahasa dan Sastra Indonesia. Sedangkan, berdasarkan hasil tes dapat disimpulkan bahwa cerpen matematika yang dihasilkan dapat membantu siswa memahami materi penjumlahan pecahan berpenyebut sama, sehingga cerpen yang dihasilkan memenuhi kriteria efektif