STUDI KASUS KUALITAS LABORATORIUM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus yang bertujuan untuk memotret kualitas laboratorium media pembelajaran matematika Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta. Kualitas tersebut ditinjau dari: (1) fasilitas penunjang laboratorium, (2) program layanan laboratorium, dan (3) pemanfaatan media pembelajaran yang dihasilkan oleh laboratorium. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Penelitian ini melibatkan lima subjek penelitian yang merupakan pengampu mata kuliah yang memanfaatkan laboratorium dan pengelola program studi sebagai pembuat kebijakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas penunjang laboratorium sudah cukup mampu menunjang kegiatan akademik pada program studi pendidikan matematika. Hal yang perlu ditingkatkan di antaranya adalah bengkel pengembangan media pembelajaran yang dianggap memiliki kedudukan yang paling penting. Terdapat lima layanan laboratorium yang ditawarkan, di mana dua diantaranya berjalan dengan cukup berhasil ditinjau dari aksesibilitas dosen dan mahasiswa, yaitu (1) layanan perpustakaan dan (2) layanan praktikum. Sedangkan dari aspek pemanfaatan produk, media pembelajaran yang dihasilkan oleh laboratorium masih diakses oleh kalangan internal dengan pertimbangan: (1) uji keefektifan penggunaan produk yang belum dilaksanakan, (2) ketahanan produk yang masih harus ditingkatkan, dan (3) banyaknya produk yang dihasilkan masih terbatas