Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Berbasis Integrasi Keilmuan Islam Pada Kurikulum 2013

Abstract

Metode Penelitian menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D) dengan fokus penelitian pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)  yang disusun guru  berdasarkan tinjuan pembelajaran biologi berbasis integrasi keilmuan Islam beserta kegiatan wawancara. Hasil penelitian  dikembangkan menjadi RPP pembelajaran biologi dengan integrasi keilmuan Islam. Sampel penelitian terdiri 6 guru Madrasah Aliyah (MA) di Kudus. Berdasarkan hasil penelitian dokumen RPP;  pertama, pembentukan sikap religius dalam RPP biasanya dituliskan dalam bentuk kegiatan berdoa.  Kedua,  sebagian besar guru tidak menyusun secara khusus untuk mengintegrasikan pengetahuan biologi dengan keilmuan islam terutama dalam materi ajar dan kegiatan pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan penyusunan kegiatan pembelajaran mengacu pada arahan kebijakan Kurikulum 2013  dengan tanpa harus menyertakan integrasi pengetahuan Biologi dan Islam, namun demikian dalam praktik kegiatan pembelajaran beberapa guru pernah bahkan sering mengaitkan pengetahuan Biologi dan Islam seperti memahami bahwa semua makhluk hidup diciptakan oleh Allah swt. Guru dapat mengembangkan bentuk pembelajaran biologi yang memiliki integrasi keilmuan Islam dengan cara pertama mengaitkan pengetahuan biologi dengan pengetahuan keislaman baik yang  bersumber dari Alquran, hadist maupun ilmu islam lainnya. Kedua mengaitkan pengetahuan biologi dengan sistem nilai keislaman seperti keyakinan tentang penciptaan, motivasi, kekaguman terhadap penciptaan, sikap rasa bersyukur.