IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PENGAMALAN THARIQAT NAQSABANDIYAH DI PANTAI CERMIN

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan meneliti tentang: Bagaimana Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Islamdalam Pengamalan Thariqat Naqsabandiyah di Pantai Cermin.? Bagaimana Kontribusi Thariqah Naqsabandiyahterhadap Pendidikan Islam di Pantai Cermin? Bagaimana Korelasi Thariqah Naqsabandiyah dalam PengamalanPendidikan Islam di Pantai Cermin? Metodologi penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berfokuskepada wawancara dan penelitian lapangan (Field Research). Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1).Ketika suatu ajaran sudah tertanam di dalam hati seseorang maka mereka tidak akan berani melanggaratau mengingkari apa yang sudah diyakininya yang akan menjadi suatu prinsip yang menjadi suatu jalanagar selalu dekat dengan Allah, apalagi pengikut Tarekat Nagsyabandiyah semuanya melalui proses bai’at.Seperti halnya dzikir wajib ketika mereka tidak bisa mengamalkan seperti biasanya maka harus diganti diwaktu yang lain dan itu merupakan hutang kita kepada Allah, dengan begitu kita akan selalu konsistendalam beribadah karna Allah selalu mengawasi kita dan tidak luput dari pengawasannya. dan dalampengamalan dikehidupan sosial diharapkan manusia selalu berbuat baik kepada sesama, menciptakankerukunan dan keharmonisan di lingkungan masyarakat, sehingga menjadi indufidu yang mempunyaiakhlak yang baik (akhlak kepada Allah Swt, mursyid, sesama teman sejawat, diri sendiri, hewan, tumbuhandan lingkungan sekitar) serta etika yang baik. 2). Nilai-nilai pendidikan Islam terdapat dalam ajaranTarikat Naqsyabandiyah terdapat dalam makna maqamat yaitu tingkatan ruhani untuk mendekatkan dirikepada Allah Swt. Nilai-nilai maqâmat yang terkandung pada pendidikan Islam tersebut adalah, Zuhud,Wara’, Fakir (faqr), Sabar, Tawakkal, Riha. Maqâmat merupakan arah dari tujuan pendidikan Islam. 3).Pelaksanaan nilai-nilai pendidikan Islam dalam Tarekat Naqsyabandiyah mulia diawali dengan taubatyaitu kesadaran akan semua kesalahan baik kepada Allah Swt. Nilai-nilai dalam ajaran tarikat merupakanproses pengalaman yang terintegrasi dalam pola kehidupan sehingga dapat tumbuh dan berkembangsecara spontan untuk mendorong perilaku yang membawa kebaikan.Kata Kunci: Pendidikan Islam, Sufisme dan Tarekat Naqsabandiyah