ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA ARAB MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM DARUL ‘ULUM LAMONGAN JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB

Abstract

Kesalahan berbahasa dan pengajaran bahasa merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Dalam mengajarkan bahasa pasti ditemukan kesalahan-kesalahan berbahasa yang dilakukan pembelajar. Kesalahan-kesalahan tersebut bisa diminimalisir bahkan dihilangkan jika telah diketahui pola kesalahan yang dilakukan oleh pembelajar bahasa. Pendidikan bahasa Arab merupakan salah satu jurusan di universitas Islam darul ‘ulum Lamongan. Sebagai jurusan bahasa Arab, mahasiswanya harus mampu menggunakan bahasa Arab dengan baik, terutama dalam hal tulisan, karena tugas akhir yang berupa skripsi harus ditulis dengan menggunakan bahasa Arab. Kenyataannya, dalam proses pembelajaran bahasa Arab nampak mahasiswa melakukan banyak kesalahan dalam penggunaan kaidah bahasa Arab. Hal tersebut yang menarik peneliti untuk melakukan penelitian tentang kesalahan berbahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesalahan bahasa Arab yang berfokus pada kesalahan tulisan dalam kategori linguistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan, karena data yang dikumpulkan langsung dari lokasi penelitian, yaitu universitas Islam darul ‘ulum Lamongan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa ada empat jenis kesalahan yang dilakukan mahasiswa, yaitu: fonologi, morfologi, sintaksis, dan kesalahan semantik.