OPTIMALISASI KESEDERHANAAN SARANA PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN SALAFIYYAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI

Abstract

Modernisasi lembaga pendidikan tidak terlepas dari pengembangan sarana pendidikan. Lembaga pesantren Salafiyah yang dibuat dengan kesederhanaan terkesan tidak dapat optimal dalam penyelenggaraan pendidikannya. Kesederhanaan sarana pesantren tidak menyurutkan santri untuk berprestasi. Keunggulan pesantren Salafiyah terletak pada keberadaan. Asrama sebagai tempat yang menyediakan lingkungan mendukung praktek pembiasaan berperilaku Islami. Masjid merupakan sarana pendidikan pesantren karena sistem pembiasaan memerlukan tempat tersebut sebagai pembiasaan salat berjamaah dan amaliah lainnya. Pembelajaran ilmu ‘Alat juga merupakan sarana pendidikan sudah dioptimalkan di pendidikan pesantren Salafiyah. Pergaulan di lingkungan pesantren jauh lebih terjaga daripada pergaulan muda-mudi lainnya. Hal ini dapat dioptimalisasi dengan kelompok belajar bersama.