Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pengembangan Keterampilan Motorik Anak di TK Al-Kautsar Indralaya Ogan Ilir

Abstract

Keterampilan motorik kasar dan halus anak pada pembelajaran di TK Al Kautsar Indralaya Ogan Ilir sebagai fokus penelitian bertolak dari kenyataan di lapangan bahwa proses pembelajaran di TK tersebut belum tergarap secara bersamaan. Proses pembelajaran hanya terkonsetrasi pada aspek kognitif, bahkan keterampilan tersebut belum maksimal dicapai oleh anak. Akibatnya, di satu sisi kurang terampil dalam kegiatan motorik kasar dan halus. Maka diperlukan pendekatan saintifik alternatif yang dapat menyetuh pencapaian aspek keterampilan motorik kasar maupun motorik halus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan motorik kasar dan halus anak antara kelas ekperimen dan kelas kontrol baik sebelum maupun setelah proses pembelajaran anak di TK Al Kautsra Indralaya Ogan Ilir untuk mewujudkan tujuan penelitian tersebut digunakan penelitian Quasi Experimental Design Nonequivalent Control Group Design. Dalam pelaksanaannya treatment yakni Penerapan Pendekata Saintifik, diberikan kepada anak kelas eksperimen dan anak kelas kontrol menerapkan metode konvensional. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Cluster Sampling yang menetapkan kelas jedah sebagai eksperimen dan kelas mekah sebagai kelas kontrol untuk memperoleh data penelitian, penelitian menggunakan teknik tes sikap, observasi, dokumentasi, cek klis dan wawancara sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji t Independent-SampleĀ  T test dan uji Man-Whitney dengan Program Statistical Product and Service Solution (SPSS). Penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil sebagai berikut tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan motorik kasar dan motorik halus anak kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum proses pembelajaran dan terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan motorik kasar dan motorik halus anak kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah proses pembelajaran.