Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dengan Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri I Lawang Wetan

Abstract

Efektivitas pembelajaran dengan Model discovery learning cara aktif dan  menyenangkan, dengan cara ini guru memancing kreatifitas siswa dengan menggunakan media. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas dengan  model Discovery Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dan ada tidaknya perbedaan antara motivasi dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model discovery learning  dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Lawang Wetan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, karena dalam penelitian ini, peneliti membagi objek yang diteliti menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, angket dan  tes. Analisis data dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji T. Berdasarkan data motivasi belajar diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 90.71 sedangkan rata-rata nilai kelas kontrol 84.57. Adapun nilai uji T menunjukkan bahwa nilai to 3,856. Kemudian setelah itu dikonsultasikan dengan t tabel  bahwa pada tarap 5% t tabel atau tt = 2,00, pada tarap 1% t tabel atau tt = 2,65, dengan perincian 2,00 <3,856> 2,65.Karena signifikansi <0,05 (0,000<0,05).Berdasarkan data hasil belajar diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen  eksperimen  82.81, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 62.41. berdasarkan uji T diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan nilai hasil belajar Pendidikan Agama Islam sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning