Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 19 Talang Kelapa

Abstract

Penelitian yang berjudul” pengaruh pendekatan saintifik dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 19 Talang Kelapa Kecamatan Talang Kelapa” ini dilatar belakangi oleh, proses mengajar guru masih menggunakan sistem tradisional dan bagaimana hasil belajar belajar siswa. Dari sisi metodologi, penelitian ini merupakan penelitian eksperimen  dengan Postest-Only Control Design. Data penulis peroleh dari observasi, dokumentasi, tes, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa, yang terdiri dari kelas V B dan kelas V C yang seluruh jumlah 50 orang. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwah hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 19 Talang Kelapa terkatagori sedang. Ini terlihat bahwah ada 5 orang (10%) tergolong tinggi, 30 0rang (60%) yang tergolong sedang, dan 15 orang (30%) tergolong rendah. Terakhir terdapat pengaruh yang signifikan antaran pendekatan saintifik terahadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 19 Talang Kelapa baik pada tarif signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% sebesar 0,273 (0,472) 0,354. Dengan kata lain Ha penelitian yang berbunyi terdapat penggunaan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam diterima sedangkan Ho ditolak