IMPLEMENTASI METODE PPTQ SAFINDA DALAM MENERJEMAHKAN Al-QUR’AN DI MADRASAH DINIYAH HIDAYATUL MUBTADIIN SIDOMULYO BATU

Abstract

Mempelajari al-Qur’an membutuhkan metode untuk bisa memahaminya. Salah satu metode yang diteliti oleh peneliti yakni metode PPTQ Safinda.Tujuan dari penilitian yakni untuk mengetahui Implementasi PPTQ Safinda dalam menerjemahkan al-Qur’an di Madrasah  diniyah Hidayatul Mubtadiin Sidomulyo Batu. Selain itu juga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Implementasi PPTQ Safinda dalam menerjemahkan al-Qur’an di Madrasah diniyah  Hidayatul Mubtadiin Sidomulyo Batu. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penilitian menunjukan bahwa dengan menggunakan metode PPTQ Safinda siswa kelas 3 MHM merasa lebih mudah dalam mempelajari materi tafsir yakni pelajaran menerjemahkan al-Qur’an. Karena dengan menggunakan metode ini siswa menerjemahkan kata perkata lebih mudah dalam memahami daripada memahami makna per ayat. Berdasarkan pernyataan diatas maka dapat disimpulkan bahwa pada hakekatnya keberhasilan pembelajaran didominasi oleh metode yang digunakan dalam materi pembelajaran tersebut. Selain itu media yang digunakan dalam menyampaikan materi juga mempengaruhi keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar. Metode PPTQ Safinda ini menggunakan alat peraga agar guru tidak lagi kesulitan untuk menyampaikan materi juga mempersingkat waktu karena tidak perlu lagi menulis materinya di papan tulis. Saran yang ditujukan peneliti untuk pihak sekolah yakni memberikan alokasi waktu tambahan untuk materi yang memerlukan, memunculkan guru yang lebih inovatif dalam menyampaikan pembelajaran, membagi siswa dalam beberapa kelompok mengingat kecerdasan yang dimiliki siswa tidak sama.