Pengaruh Penggunaan Media Komputer dengan Memanfaatkan Sofware Presentasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh penggunaan media komputer  dengan pemanfaatan Software Presentasi yaitu Macromedia Flash 8 dan Microsoft Power Point, (2) pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap Hasil belajar matematika, dan (3) interaksi antara media komputer dengan pemanfaatan Software Presentasi  dan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika.Jenis penelitian adalah penelitian eksperimentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMP Negeri 1 Martapura kelas VIII semester 2 tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode Lavene’ Statistic untuk uji homogenitas.Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara siswa yang menggunakan media komputer dengan pemanfaatan Software Presentasi terhadap hasil belajar siswa, dengan Fa = 5,058, (2) terdapat pengaruh aktivitas belajar siswa yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, dengan     Fb = 3,540, dan (3) Tidak terdapat ada pengaruh interaksi yang signifikan pembelajaran yang menggunakan media komputer dengan pemanfaatan Software Presentasi dan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa, dengan Fab = 0,233.