PENGUJIAN BEBERAPA VARIABEL YANG MENENTUKAN KESUKAAN KONSUMEN MEMBELI BANDENG PRESTO (Chanos Chanos Fork) GRESIK

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis seberapa besar pengaruh variabel kualitas produk, pelayanan, harga, promosi dan distribusi terhadap kesukaan konsumen dalam membeli produk bandeng presto,  dan menentukan pengaruh variabel yang dominan terhadap kesukaan konsumen dalam membeli produk bandeng presto. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis model regresi liniear berganda OLS (Ordinary Least Squares), hasil perhitungan dengan program SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa besarnya pengaruh variabel terhadap kesukaan konsumen dalam membeli produk bandeng presto adalah kualitas produk sebesar 0,227, pelayanan -0,026, harga 0,144, promosi 0,090 dan distribusi sebesar 0,264. Pengaruh variabel yang paling dominan terhadap kesukaan konsumen dalam membeli produk bandeng presto adalah distribusi sebesar 0,264 (26,4%), dan peringkat berikutnya variabel kualitas produk 0,227 (22,7%).