Sikap Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Ar-Raniry Terhadap Profesi Guru

Abstract

Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan sebagai calon guru, diharapkan memiliki sikap positif terhadap profesi keguruan, sehingga akan menampilkan persepsi dan kepuasan yang baik terhadap cikal bakal pekerjaanya maupun motivasi kerja yang tinggi, yang pada akhirnya akan mencerminkan seorang calon guru yang mampu bekerja secara profesional dan memiliki kompetensi profesional yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang sikap mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan sebagai calon guru terhadap profesi keguruan, dan apakah para calon guru telah memiliki sikap positif terhadap profesi keguruan. Hasil penelitian diharapkan berguna untuk mempersiapkan kompetensi dan kinerja profesional calon-calon guru. Dalam penelitian ini, yang dimaksud dengan sikap mahasiswa calon guru terhadap profesi keguruan adalah suatu kecenderungan seorang calon guru dalam merespon suka atau tidak suka terhadap profesi keguruan, yang pada akhirnya diungkapkan dalam bentuk tindakan atau perilaku yang berkenaan dengan calon profesinya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan metode survey dengan menggunakan angket dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa calon guru di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry, dalam penelitian ini diambil sampel penelitian dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan melihat sebaran yang mewakili tiap prodi di FTK dengan total sampel sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner setengah terbuka dan wawancara. Hasil penelitian dianalisis dengan memperhatikan proporsi masing-masing sikap mahasiswa calon guru terhadap angket yang diberikan dengan mengunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar (75 %) mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry sebagai calon guru, mempunyai sikap positif terhadap profesi keguruan.