Keterampilan Sosial Pustakawan dalam Memberikan Pelayanan Bermutu di Perpustakaan

Abstract

Perpustakaan sebagai lembaga pelayanan jasa informasi harus terus berkembang seiring dengan kebutuhan pemustaka yang semakin kompleks dan beragam. Perpustakaan sudah seharusnya dikelola oleh pustakawan yang memiliki keterampilan sosial khusus dalam memberikan pelayanan yang bermutu kepada pemustaka. Pelayanan yang bermutu menjadi tolak ukur kepuasan pemustaka. Artikel ini disusun berdasarkan kajian literatur yang diambil dari berbagai sumber rujukan. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memberikan gambaran secara umum bagaimana menjadi pustakawan profesional yang terampil dalam memberikan pelayanan bermutu kepada pemustaka secara konseptual. Pelayanan bermutu dapat dilakukan dengan menyampaikan sifat positif, mengenali kebutuhan pelanggan, memenuhi kebutuhan pelanggan, dan memastikan pemustaka kembali lagi atau merasa puas. Pustakawan juga dituntut untuk memiliki kemampuan interpersonal yang ditunjukkan dengan berkomunikasi secara efektif kepada pemustaka.ABSTRACTLibrary information services as an institution should continue to evolve along with user needs of an increasingly complexs. The library was supposed to run by librarians who have specific social skills in providing quality service to user. Service quality became measure user satisfaction. This article based on the study of literature drawn from various reference sources. Purpose this article is to give an overview in general how to be professional librarians in providing quality service to user as conceptually. Quality service can do with be done with positive atitude , recognize customer needs, satisfy customer needs, and make sure user back again or feel satisfied. Librarians also are required to have interpersonal skills demonstrated by communicating effectively to the user.