RESPON GURU DALAM MENYIKAPI PERUBAHAN KURIKULUM (Studi Kasus Pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Kudus)

Abstract

The curriculum is important in the world of education. Teachers play an important role in the change of a curriculum. Therefore, the determining factor for the successful implementation of the curriculum is the understanding of teachers, the core of the curriculum. This study aims to assess the level of teachers' understanding of the curriculum in 2013 and their responses to those changes. This study used a qualitative approach with interviews as the main data collection techniques. After collecting and analyzing the data, the results are as follows: with respect to the level of understanding of the teachers of the curriculum, would still need to be always serious attention especially by the leadership of the madrasas, such as teachers' understanding of the principles of learning, creation of lesson plans and assessment in accordance curriculum 2013. Regarding the response of teachers to address the changes to the curriculum, that is two some accept and some are refused. Although teachers actually realize that a change or innovation implies the change of a condition long to become better.Kurikulum merupakan hal penting dalam dunia pendidikan. Guru memegang peranan penting dalam perubahan sebuah kurikulum. Oleh karena itu, faktor utama penentu keberhasilan pelaksanaan kurikulum adalah pemahaman guru, terhadap inti dari kurikulum tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat pemahaman guru tentang kurikulum 2013 dan respon mereka terhadap perubahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara sebagai teknik pengumpulan data yang utama. Setelah melakukan pengumpulan dan analisa data, diperoleh hasil sebagai berikut: berkenaan dengan tingkat pemahaman para guru terhadap kurikulum, kiranya masih perlu senantiasa mendapat perhatian yang serius terutama oleh pimpinan madrasah, seperti: pemahaman guru terhadap prinsip-prinsip pembelajaran, pembuatan RPP dan penilaian yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Mengenai respon para guru menyikapi adanya perubahan terhadap kurikulum, terbagi dua yaitu ada yang menerima dan ada juga yang menolak. Meskipun para guru sesungguhnya menyadari bahwa suatu perubahan atau inovasi mengandung arti adanya perubahan dari suatu keadaan yang lama untuk menjadi lebih baik.