METODE JIGSAW SOLUSI ALTERNATIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits dengan fokus materi Q.S al-Lahab dan an-Nashr melalui metode pembelajaran  Jigsaw di MTsN 02 Semarang. Penelitian ini memberikan informasi sebagai masukan untuk pengembangan  model  pembelajaran  Jigsaw pada materi Q.S al-Lahab. Di samping itu, penelitian ini juga memberikan pelajaran yang lebih bervariatif, terutama bagi siswa MTs N 02 Semarang khususnya agar lebih tertarik untuk aktif dalam belajar. Karena penggunaaan variasi mengajar melalui  metode jigsaw membuat para siswa menjadi lebih termotivasi untuk belajar dan melatih kerjasama serta melatih kemandirian siswa dalam belajar. Hasil penelitian  ini dapat digunakan sebagai bahan masukan (memberikan konstribusi) yang berarti bagi upaya peningkatan mutu pelajaran Al-Qur’an  hadits khususnya  peningkatan hasil belajar siswa. Selain itu juga dapat dipergunakan sebagai bahan atau masukan dalam mengajarkan Al-Qur’an hadits kepada anak didik dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.Kata kunci: Jigsaw, al-qur’an, hadits, motivasi, belajarThis article aims to determine students’ motivation  on the subjects of the Qur’an hadits with a focus on material Q.S al-Lahab and an- Nasr through  Jigsaw learning method  in MTsN 02 Semarang. The study provides information as an input for the development of Jigsaw learning model on material of Q.S al-Lahab. In addition, this study also provides lessons more varied, especially for students of MTs N 02 Semarang in particular to be more interested in active learning. Because the use of variety of teaching through jigsaw method makes students become more motivated to learn and practice cooperation and to train students’ independence in learning. The results of this study can be used as an input (contribution) that means for improving the quality of learning the Qur’an hadits in particular improving student learning outcomes. It also can be used as an ingredient or input in the hadith teaches the Qur’an to students in improving students’ activeness in following the teaching and learning activities.Keywords: Jigsaw, Al-Qur’an, hadist, learning , motivation