Evaluasi Pembelajaran Ranah Psikomotor Mata Pelajaran Fikih Program Khusus di MAN 1 Surakarta

Abstract

Evaluasi pembelajaran adalah proses atau mekanisme pengumpulan data mengenai capaian pembelajaran yang dilakukan secara sistematis dan terencana melalui instrumen tertentu. Dilihat dari ranahnya, evaluasi hasil belajar terbagi menjadi tiga ranah yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Ranah psikomotor adalah hasil pembelajaran yang berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk menerima pengalaman belajar tertentu yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana evaluasi pembelajaran dalam ranah psikomotor mata pelajaran fikih program khusus di MAN 1 Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. Narasumber berasal dari salah satu guru mata Pelajaran fikih program khusus di MAN 1 Surakarta yaitu ustad Aswin Zunan. Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa evaluasi pembelajaran yang digunakan pada mata Pelajaran fikih program khusus di MAN 1 Surakarta lebih mengedepankan terhadap literasi arab dan biasanya yang digunakan dalam evaluasi ranah psikomotor yaitu peserta didik diminta untuk membaca kitab lalu peserta didik diminta untuk menjelaskan maksud dari isi kitab yang diminta.