PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU

Abstract

Kepala madrasah harus menunjukan kemampuannya dalam bersikap dan berperilaku yang mendukung kepribadiannya sehingga dapat dikatakan pantas menjadi seorang pemimpin khususnya di madrasah. Keteladanan melalui kepribadian yang luhur merupakan salah satu aspek yang dapat menentukan kemajuan guru dan madrasah. Kinerja guru berkaitan dengan tugas perencanaan, pengelolaan pembelajaran dan penilaian hasil belajar siswa. Berbagai asumsi dan indikator kompetensi kepribadian yang harus ada pada diri kepala madrasah melandasi pemikiran dan analisis data penelitian statistik yang memberikan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif kompetensi kepribadian kepala madrasah terhadap kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kotamobagu. Hubungan pengaruh antara variabel menunjukan kategori kuat sebesar 0.731 dan kontribusi yang diberikan oleh kompetensi kepribadian kepala madrasah terhadap kinerja guru adalah 73,1%. Semakin baik dan efektif kompetensi kepribadian kepala madrasah maka semakin meningkat kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kotamobagu.