Kerajinan Menganyam Untuk Mengembangkan Kecerdasan Seni di Taman Kanak-Kanak Al-Falah Desa Malapari Provinsi Jambi

Abstract

Menganyam untuk anak usia dini tidak dilakukan dengan teknik yang komplek, namun masih dalam tahap teknik dasar menganyam yang sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kerajinan menganyam dapat mengembangkan kecerdasan seni di Taman Kanak-kanak Al-Falah Desa Malapari Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batang Hari Provinsi Jambi. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian penulis lakukan analisis dengan analisis domain, analisis taksonomi dan analisis komponensial. Langkah terakhir yang penulis lakukan yaitu melakukan triangulasi data untuk mencari keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kerajinan menganyam dapat mengembangkan kecerdasan seni di Taman Kanak-kanak Al-Falah Desa Malapari Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batang Hari Provinsi Jambi telah diterapkan dalam pembelajaran dengan berbagai kegitan meliputi mempersiapkan perencanaan, alat dan bahan yang digunakan dalam mengembangkan kecerdasan seni melalui kerajinan menganyam dan menyelaraskan dengan pembelajaran anak usia dini, menerapkan kerjasama pada orang tua untuk mengembangkan kecerdasan seni pada kegiatan sehari-hari anak di rumah dalam kerajinan menganyam dan melakukan penilaian terhadap perkembangan kecerdasan seni anak melalui kerajinan menganyam.