Digital Literacy Of Madrasa Aliyah Students In Padangsidimpuan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi literasi digital yang dilakukan siswa madrasah aliyah pada materi keislaman/dakwah, pemahaman siswa madrasah aliyah terhadap literasi digital, dan kendala yang dihadapi siswa madrasah aliyah dalam penerapan literasi digital materi keislaman/dakwah di Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan pada siswa di MAN 1, MAN 2 Model, MAS YPKS, dan MA An-Nur yang berlokasi di Padangsidimpuan. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari wawancara siswa dan guru, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian adalah implementasi literasi digital siswa di madrasah aliyah Padangsidimpuan telah diterapkan dalam menemukan materi/dakwah keislaman (internet searching), memahami cara kerja web browser (navigasi hypertext), mampu mengevaluasi materi yang dibaca atau dibaca, ditonton (evaluasi konten) dan mampu mengkompilasi pengetahuan yang dimiliki untuk diterapkan (kompilasi pengetahuan). Pemahaman siswa tentang definisi literasi digital di madrasah aliyah di Kota Padangsidimpuan masih kurang baik.. Berbeda halnya dengan kemampuan teknis dan mengolah informasi, para siswa dapat memahami penggunaan digital dalam berliterasi. Mereka dapat mencari informasi keislaman melalui jaringan internet, mampu mengunduh dan membagikan beberapa informasi yang diterima.  Kendala yang dihadapi mahasiswa adalah kuota atau paket internet, banyaknya iklan saat menonton video/dakwah Islami, dan banyaknya perbedaan pendapat dari para ahli yang membuat bingung.