Sistem Informasi Pengaduan Pelanggan Perumdam Tirto Jungporo dengan Location Based Service

Abstract

Perumdam Tirto Jungporo merupakan Perusahan Daerah Air Minum yang ada di kota Jepara yang sangat diandalkan sebagian masyarakat dalam hal pendistribusian sumber air bersih. Pada saat ini perusahaan daerah kota Jepara tersebut memiliki jumlah pelanggan yang terus meningkat. Hal ini mengakibatkan penanganan kerusakan pada saluran air pelanggan juga ikut meningkat. Untuk pelayanan pengaduan kerusakan di perusahaan air ini masih menggunakan sistem manual, di mana pelanggan datang ke kantor untuk melakukan pengaduan. Sistem tersebut sangat tidak efektif dan efesien untuk pelanggan yang harus datang ke kantor yang pastinya akan menguras tenaga, waktu, dan juga biaya. Dari temuan tersebut, peneliti bermaksud membangun sistem informasi pengaduan pelanggan berbasis location based service untuk Perumdam Tirto Jungporo. Sistem ini dapat diakses menggunakan perangkat Android. Aplikasi ini telah berhasil diuji menggunakan metode black box dengan 135 responden dengan nilai 80% untuk aplikasi pelanggan, dan 80% untuk aplikasi petugas.