MANAJEMEN SISTEM INFORMASI SEBAGAI PENGEMBANGAN PENYELENGGARAAN AKADEMIK MADRASAH DINIYAH AL-HIKAM MALANG

Abstract

Pada era revolusi industry 4.0 ditandai dengan program-program yang digital. Tidak hanya berdampak pada perusahaan tetapi juga pada Lembaga Pendidikan Islam, yang mengharuskan penyelenggaran Pendidikan dituntut untuk membuat suatu solusi dan terobosan dengan memberbaharui sistem pendidikan yang didukung oleh teknologi informasi dan komunikasi (TIK), sehingga terbangun sebuah sistem manajemen yang implementatif dan dianggap solutif. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Peneliti memilih jenis case study atau yang umum disebut dengan studi kasus. Dalam teknik pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data temuan dianalisis dengan cara menggunakan beberapa langkah, antara lain sebagai berikut: kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan menarik kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing and verification). Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti, dapat dijelaskan bahwa aplikasi / sistem informasi akademik Madrasah Diniyah Al-Hikam Malang hanya mengcover seputar KMB Santri baik program awaliyah maupun program Wustha. Artinya masih belum maksimal karena penyelenggaran akademik tidak hanya seputar pada KBM dan kurikulum saja, akan tetapi bagaimana sistem ini mengatur pada pendaftaran Santri secara online dan bagaimana Santri melakukan registrasi yang tidak perlu datang ke tempat Madrasah Diniyah Al-Hikam Malang dan bagaimana prosedur Santri masuk sampai dengan dikatakan lulus harus bisa dikelola oleh sistem informasi akademik.