Pendidikan Islam Era Revolusi Industri 4.0 Esensi dan Urgensinya


Bahrudin Bahrudin(1*)

(1) UIKA BOGOR, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


The purpose of this study is to determine the essence and urgency of Islamic education in responding to the development of the Industrial Revolution Era 4.0. The data collection method in this research is literature study method. The way it works is that the researcher collects reading material that is relevant to the subject of the discussion. The concept of Islamic education includes: Definition, basics, objectives, functions, and the scope of Islamic education itself. The essence of Islamic education includes the following points: the essence of monotheism, the essence (worship, preaching, social), the essence of morals, the essence of history, the essence of science, the essence of tazkiyatunnafs, the essence of manners. Islamic education in the revolutionary era 4.0 occupies a very urgent and strategic position, this is in line with its goal, namely to direct students to become faithful and pious servants, always under divine guidance. Islamic education facilitates humans to learn and practice actualizing all their potential, both physical potential, aqliyah, and adabiyah. As the profile described by Allah Swt. in Q.S. 3: 190. Namely as a figure of ulil albab. Humans who are faithful, knowledgeable, and always productive in pious deeds in accordance with Islamic guidance.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengtahui esensi dan urgensi pendidikan Islam dalam menyikapi perkembangan Era Revolusi Industri 4.0. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka. Cara kerjanya adalah peneliti mengumpulkan bahan-bahan bacaan yang relevan dengan pokok pembahasan. Konsep Pendidikan Islam meliputi: Pengertian, Dasar-dasar, Tujuan, Fungsi, Ruang Lingkup pendidikan Islam itu sendiri. Esensi pendidikan Islam meliputi point: Esensi Tauhid, Esensi (Ibadah, dakwah, sosial), Esensi akhlak, Esensi Sejarah, Esensi Sains, Esensi Tazkiyatunnafs, Esensi sopan santun. Pendidikan Islam di era revolusi 4.0 ini menempati posisi yang sangat urgen dan strategis, hal ini selaras dengan tujuannya yaitu untuk mengarahkan peserta didik untuk menjadi hamba yang beriman dan bertaqwa, senantiasa dalam bimbingan Iilahi. Pendidikan Islam memfasilitasi manusia untuk belajar dan berlatih mengaktualisasikan segenap potensi yang dimilikinya, baik potensi jasmaniyah, aqliyah, serta adabiyah. Sebagaimana profilnya digambarkan oleh Allah Swt. dalam Q.S. 3:190. Yaitu sebagai sosok ulil albab. Manusia yang beriman, berilmu, dan selalu produktif dalam amal shaleh sesuai dengan tuntunan Islam.


Keywords


Pendidikan Islam; Era Revolusi Industri 4.0; Esensi dan Urgensi

References


Al - Sa’di, ‘Abd al – Rahman Ibn Nashir. 1425 H/2005. Taisir al – Karim al – Rahman fi Tafsir kalam al – Mannan. Saudi Arabiayah: Dar al – Sunnah.

Al - Ghazali, Imam. 2007. Mukhtashar Ihya’ ulumuddin, (Bab XX Adab Mencari Nafkah dan Akhlaq Kenabian). Jakarta: Pustaka Amani.

Alavi, S.M. Zianuddin. 2003. Pemikiran Pendidikan Islam Pada Abad Klasik dan Pertengahan, Penrjemah. Abuddin Nata. Bandung: Angkasa.

Alim, Akhmad. 2104. Tafsir Pendidikan Islam. Jakarta. PT. Al - Mawardi Prima Press.

Al - Imam An-Nawawi & Al-Imam Ibnu Daqiq Al-id & Syaikh Abdurrahman As-Sa’di & Syaikh Muhammad Al-Utsaimin. Edisi Indonesia. Penerj. Ahmad Syaikhu. Syarah Arbai’in An-Nawawi (Penjelasan 42 hadits shahih tentang pokok-pokok ajaran Islam). 1436/2015. Jakarta: Darul Haq.

Al - Qurthubi. Al-Jami’Li Ahkam Al-Qur’an. Kairo: Dar Al-Syu’ab.

Arifin, Muhammad. 2006. Ilmu Pendidikan Islam (Tinjaun Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arrad, Shalih Ali Abu. 2015. Pengantar Pendidikan Islam. Bogor. Marwah Indo Media (MIM).

Ar - Razi, 2000. Mafatih Al-Ghaib, Beirut: Dar Al-Kutub Al-Ilmiah.

As - Sa’di. 2000. Taisir Al-Karim Ar-Rahman Fii Tafsir Kalam Al-Mannan. Beirut: Ar- Risalah.

Bukhori, Umar. 2012. Hadits Tarbawi, Pendidikan dalam Persfektif Hadits. Jakarta: Amzah.

Daradjat, Zakiah. 2009. Ilmu pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Husaini, Adian. 2016. Kuliah Agama Islam Panduan Menjadi Cendekiawan Mulia dan Bahagia. Yogyakarta: Pro-U Media.

Marimba, Ahmad, D. 1989. Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: al - Ma’arif.

Muhammad, Abubakar. 1995. Hadits Tarbiyah I, Surabaya: Al-Ikhlas.

Mujib, Abdul. & Mudzakkir, Jusuf. 2008. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana.

Nata, Abuddin. 2006. Pendidikan Pesfektif Hadist. Jakarta: UIN Jakarta Press.

_____________. 2009. Ilmu Pendidikan Islam dengan Pendekatan Multidisipliner. Jakarta: Raja Grafindo.

_____________. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

_____________. 2012. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Press.

_____________. 2017. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media.

Ridjaluddin. 2008. Sejarah Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta: Pusat Kajian Islam, FAI Uhamka.

Sarbini, M. 2014. Pendidikan Di Masa Rasulullah SAW. Bogor: Marwah Indo Media.

Sastra, Ahmad. 2014. Filosofi Pendidikan Islam (Memahami Epistemologi Islam, Menggugat Filsafat Barat). Bogor: Darul Muttaqien Press.

Tafsir, Ahmad. 2005. Ilmu Pendidikan Dalam Persfektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tamam, Abbas Mansur. 2017. Islamic Worldview Paradigma Intlektual Muslim. Jakarta: Spirit Media Press.

Jurnal

M. Akmansyah. 2015. “Al-Qur’an dan Al-Sunnah Sebagai Dasar Ideal Pendidikan Islam”, Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, Vol. 8 No. 2. Program Pascasarjana IAIN Raden Intan, Lampung

Zahid Mubarok, Hendri Tanjung, Abbas Mansur Tamam. 2017. “Konsep Pendidikan Wirausaha Dan Kemandirian Bagi Anak Panti Asuhan”, International Jurnal of Islamic Education Ta’dibuna, Vol. 6, No. 1. p-ISSN: 2252-5793.




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v6i2.11754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Didin Bahrudin abuquqi, Didin Bahrudin abuquqi, Didin Bahrudin abuquqi, Didin Bahrudin abuquqi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Copyright © UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id