Konsep Model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPS dalam Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran konseptual tentang model
pembelajaran problem based learning dalam melatih kemampuan berpikir
kristis siswa. Pendidikan IPS pada hakikatnya mempelajari manusia sebagai
makhluk sosial dalam kehidupannya.Sebagai bagian dari proses pembelajaran,
konsep problem based learning hadir melatih siswa untuk merangsang rasa
ingin tahu, sehingga akhirnya mampu menstimulus siswa untuk berfikir kritis.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi literatur
yang berkaitan dengan hasil penelitian-penelitian terdahulu. Kesimpulan dari
hasil penelitian yang menjadi acuan pada penelitian ini adalah problem based
learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan kreatif siswa. Metode
pengujian menggunakan studi kasus permasalahan lingkungan di sekitar
siswa.Hasil yang diperoleh menunjukkan pembelajaran berbasis masalah
berpengaruh positif terhadap kemampuan berfikir kreatif.
Copyright (c) 2020 Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.