PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PJOK MATERI SENAM LANTAI DI KELAS VII SMPN 9 PAYAKUMBUH TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 9 Payakumbuh untuk mendeskripsikan  penggunaan media video tutorial untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran pjok materi senam lantai di kelas VII SMPN 9 Payakumbuh tahun pembelajaran 2020/2021.Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 ( dua ) siklus dengan menggunakan pendekatan kualitatif . Rancangan penelitian terdiri dari empat komponen yaitu 1) perencanaan tindakan 2) pelaksanaan 3) observasi dan 4) refleksi tindakan.  Media Video tutorial dapat meningkatan aktivitas belajar peserta didik dalam setiap siklus, pada Prasiklus aktivitas belajar peserta didik = 48%, siklus I aktivitas belajar peserta didik = 58%, dan siklus II = 85%.Media Video tutorial dapat meningkatan hasil belajar peserta didik dalam setiap siklus, hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar pengetahuan meningkat dari pra siklus 63,93 = 13%,  siklus I 70,63 = 56 %, dan siklus II 82,50 = 84% Untuk ketuntasan belajar keterampilan yaitu  pra siklus 64,68 = 34%, siklus I 72,81 = 69% dan siklus II 84,37 = 94%. Dengan mengamati peningkatan aktivitas dan hasil belajar setiap siklus, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa  media video tutorial sesuai diterapkan pada pembelajaran PJOK materi senam lantai di kelas VII SMP khususnya di kelas VII SMPN 9 Payakumbuh