Implementasi Supervisi Kepala Sekolah Pada Kompetensi Pedagogik Guru

Autor(s): Ike Nilawati Rohaenah, Sahudi Muhibbin Syah, Mohamad Erihadiana
DOI: 10.33511/misykat.v5n2.127-140

Abstract

Masalah yang dihadapi guru cenderung melaksanakan pembelajaran dengan kaku  bahkan konvensional. Hal ini tampak dari rancangan pembelajaran dalam bentuk RPP dan hasil observasi Kegiatan Belajar Mengajar  pada studi awal supervisi pegagogik guru yang peneliti lakukan, menunjukan masih perlunya pembinaan oleh kepala sekolah terhadap  kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang ideal di kelas sebagai upaya mendongkrak kualitas pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan:1) Perencanaan program supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. 2) Proses supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. 3) Tindak lanjut supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Metode penelitian yang digunakan  adalah deskriptif. Informan pada penelitian ini meliputi kepala sekolah,  dan guru. Hasil penelitian membuat model Klinis  implementasi Supervisi Kepala Sekolah dalam meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru. Guru dapat menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Kegitan belajar mengajar lebih menyenangkan,Kompetensi pedagogik guru meningkat, Guru diikut sertakan seminar dan workshop .Meningkatkan mutu pendidikan dengan nilai hasil lulusan meningkat. Kegiatan penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2020 sampai bulan Juni 2020 di Pondok Pesantren MTs Darunnadawah dan MTs Al Ahliyah Karawang Jawa Barat.

 

Keywords

supervisi klinis; kompetensi; pedagogik guru;

Full Text:

PDF

References

Baltacyi-Goktalay, et al, “Clinical Supervision Model and Uludag Kdm”, in International Journal on New Trends in Education and Their Implications, April 2014 Volume. 5 Issue. 2, http://www.ijonte.org, diunduh 2812-2020.

Esim, et al, Clinical Supervision Model to Improve Supervisory Skills of Cooperating, 2013.

Glickman, Carl D., Stephen P. Gordon & Jo-vita M. RoseGordon, Supervision and Instructional Leadership, New York: Pearson, 2010.

Mulyasa E, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008), 26.

, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.

Suryobroto B, Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.

Teachers and University Supervisors during Teaching Practice.H. U. Journal of Educa- tion Özel Sayý (1), 191-203.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

https://www.researchgate.net

Refbacks

  • There are currently no refbacks.