Filosofi Bisnis Ritel Modern Dalam Perekonomian Islam Di Indonesia

Autor(s): Nandang Ihwanudin, Arky Nafisa Beladiena
DOI: 10.33511/misykat.v5n2.35-52

Abstract

Penulis menginterpretasikan dan menjelaskan tentang perubagan pemikiran mengenai kewirausahaan berdasar pada aplikasi sejarah, menyatukan konsep pemikiran kewirausahaan yang meliputi banyak hal serta menjelaskan konsep kewirausahaan secara terdapadu dalam sebuah konsep yang mendasar. Melalui pendekatan konseptual ini, dijelaskan pula gambaran teori kewirausahaan pada masa lalu sesuai dengan kondisi yang ada pada saat itu serta mengidentifikasi beberapa bidang konsepsi untuk kemajuan dimasa yang akan datang. Kehadiran industry ritel modern pada dasarnya memanfaatkan pola belanja masyarakat terutama kelas menengah ke atas yang tidak mau berdesak-desakan di dalam pasar tradisional yang biasanya becek atau tidak tertata rapi. Walaupun kehadiran ritel modern ini disoroti dapat mematikan pasar tradisional karena mempunyai keunggulan pada banyak faktor, perkembangannya sendiri dapat dikatakan tidak terbendung. Artikel ini memberikan pandangan bagi para pembaca dan praktisi tentang makna kewirausahaan bisnis ritel perekonomian di Indonesia. Bisnis ritel yang ideal adalah yang berlandaskan pada prinsipprinsip syriah. Sumber daya manusia pada sector bisnis ritel Syariah harus memiliki etos kerja islami.

Keywords

sejarah manajemen; konsep filosofi; bisnis ritel;

Full Text:

PDF

References

Alma, Buchari, Kewirausahaan. Bandung: Alpabeta, 2007.

Alma, Buchari dan Donni Juni Priansa, Manajemen Bisnis Syariah, Bandung: Alfabeta, 2009.

Griffin, RW. dan Ebert, RJ., Binis (Jilid 1), Jakarta: Prehallindo, 1997.

Kertajaya, Hermawan, Muhammad Syakir Sula, Syariah

Marketing, Jakarta: Mizan Pustaka: 2008, 2008.

Kasmir, Kewirausahaan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007.

Lajnah Pentashhih Al-Qur‟an Kemenag RI, Tafsir Maudhu‟iy.

Meredith, Geoffrey G, et.al, Kewirausahaan; Teori dan Praktek, Jakarta: PPM, 1996.

Mutis, Thoby. 1995. Kewirausahaan yang Berproses. Jakarta: Cresindo.

Salim siagian dan Asfahani, 1995. Kewirausahaan Indonesia dengan Semangat 17.8.45. Kloang Klede Jaya PT Putra Timur bekerjasam dengan Puslatkop dan PK Deplop dan PPK. Jakarta.

Suruji, A, 2008. Membangun Spirit Kewirausahaan Kaum Muda. Kompas.com, Minggu, 13 Oktober.

Utami, Christina Whidya, 2010. Manajemen Ritel, Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern Di Indonsia. Jakarta: Salemba Empat.

Wahjoetomo. 1995. Perguruan Tinggi Pendidikan Alternatif Masa Depan, Jakarta: Gema Insani Press.

Widyarini, Evaluasi Pemasaran pada Minimarket Syari‟ah (Tinjauan Perspektif Hukum Islam pada Minimarket Syar‟e Mart), Jurnal Az Zarqa‟, Vol.9, No.2, Desember 2017.

Tamadudin, Jurnal Hukum Islam (JHI) Vol.12 No.02, Desember, 2014.

Sutrisno, Badri. dkk, Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol.1 No. 1,

Juli, Program Pasca Sarjana Program Studi MM

Universitas Sriwijaya: 2003.

www.bhpinfosolution.com. dihttp://www.hukumonline.com http://koperasisyariah212.co.id

Ihwanudin, Nandang, Prophetic Human Recouces, Maklah. Disajikan pada pembinaan BAWASLU Kota Cimahi, 2019.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.