Peningkatan Kompetensi Profesional Pendidik Dalam Penilaian Kinerja Guru (PKG) Melalui Supervisi Akademik di SMP Negeri 26 Kota Malang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi perlunya peningkatan kompetensi profesional pendidk dalam kegiatan pembelajaran, dan diharapkan Supervisi Akademik dapat menjadi suatu solusi untuk meningkatkan kinerja guru, sehingga berimbas pada meningkatnya hasil prestasi belajar siswa. Lebih khusus, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan usaha yang dilakukan dalam meningkatkan keefektifan pengajaran guru dalam rangka meningkatkan hasil pembelajarannya melalui Supervisi Akademik di SMP Negeri 26 Kota Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian diskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 33 pendidik/ guru dari  sekolah SMP Negeri 26 Kota Malang. Data 33 pendidik/guru  terdiri dari pendidik/guru mata pelajaran yang terbagi dalam 3 Tim Penilai dan sebagai Ketua TIM PKG adalah  kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon pendidk/guru terhadap supervisi akademik sangat baik dan mampu berpengaruh terhadap peningkatan kompetensi pendidik/guru, hal ini terbukti dari hasil pengelolaan pembelajaran dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus 1 hasil pengelolaan pembelajaran berada dalam katagori cukup baik dengan skor rata rata 18,68. Sedangkan pada siklus 11 berada dalam katagori cukup baik dengan skor rata rata 19,28. Sehingga terjadi peningkatan. Kegiatan pendidik/guru pada waktu pelaksanaan real teaching, minat siswa terhadap pembelajaran setelah dilaksanakannya Supervisi Akademik juga mengalami peningkatan. Keadaan ini terlihat pada diagram aktivitas pendidik/guru pada kegiatan pembelajaran  dan diagram aktivitas peserta didk/ siswa dalam PBM.