PENGEMBANGAN SEKOLAH BERBASIS ASET PADA SEKOLAH DASAR NEGERI KABUPATEN KLATEN

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan sekolah berbasis aset di sekolah Dasar NegeriĀ  Kabupaten Klaten. Latar belakang penelitian ini adalah menurunnya jumlah siswa usia Sekolah Dasar Negeri di wilayah penghasil beras Delanggu. Kondisi menurunnya jumlah anak usia SD selain sebagai berita gembira suksesnya program KB bagi Pemda, disisi lain adalah sebuah tantangan bagi Calon Kepala Sekolah Dasar Negeri di Klaten untuk menyusun program pengembangan sekolah berbasis aset. Hal ini karena sekolah adalah sebuah ekosistem yang terdiri atas sumberdaya yang sudah tertata dan tersistem. Dibutuhkan inovasi dan terobosan untuk sebuah terobosan pemimpin lembaga tersebut termasuk di dalamnya menjadi tugas yang harus dilakukan oleh para calon kepala sekolah dasar bersama warga sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan ABCD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep ABCD sangat membantu calon kepala sekolah untuk mampu memimpin institusinya menyelesaikan permasalahan pembelajaran yang ada dan mengembangkan sekolah melalui penyusunan RKS yang efektif efisien Keyword: Pengembangan, Sekolah, Aset