Upaya Peningkatan Kinerja Guru Melalui Teknik Lesson Study Secara Kolaboratif dan Rutin di TKK St.Theresia Mangulewa Kabupaten Ngada
Abstract
Latar belakang permasalahan dari penelitian ini adalah guru belum mampu menunjukkan kinerja (work performance) yang memadai. Karena guru belum sepenuhnya ditopang oleh derajat penguasaan kompetensi yang memadai, oleh karena itu perlu adanya upaya yang komprehensif guna meningkatkan kompetensi guru. Peneliti sebagai kepala sekolah di TKK TKK St.Theresia Mangulewa melakukan upaya perbaikan untuk meningkatkan mutu pembelajaran guru di Sekolah dengan metode Lesson Study secara kolaboratif dan rutin. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil dari penelitian ini antara lain, mampu membentuk tenaga pendidik yang produktif/ profesional dan mampu meningkatkan mutu pembelajaran dan ada pengaruh besar terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian "Upaya Peningkatan Kinerja Guru Melalui Teknik Lesson Study Secara Kolaboratif dan Rutin Di TKK St.Theresia Mangulewa Kabupaten Ngada" ternyata dapat meningkatkan mutu pembelajaran di kelas di TKK St.Theresia Mangulewa Kabupaten Ngada.